Senin, 15 November 2010

Jika anak Berbohong

Assalamu'alaikum Wr Wb

Sahabat Pencinta anak, kita sebagai orangtua tentu merasa was-was jika anak kita sudah pandai berbohong. Jika anak sudah mulai berbohong dengan satu kebohongan maka biasanya akan terus dilanjutkan dengan kebohongan yang kedua, ketiga,  keempat dan seterusnya untuk menutupi kebohongan yang pertama.

Ada beberapa hal yang menyebabkan anak suka berbohong, diantaranya adalah,

1. Untuk melindungi dirinya sendiri.
Misalnya untuk menghindari hukuman dari orangtuanya.

2. Anak menginginkan perhatian dari orangtua dan lingkungannya.

3. Anak belum bisa membedakan antara kenyataan dan fantasi (biasanya muncul pada anak kecil)

4. Anak ingin melindungi temannya yang lain dari serangan atau kritikan.

5. Mencontoh prilaku orangtua yang suka berbohong.
Misalnya, jika orangtua enggan mengangkat telepon kemudian meminta anak untuk mengatakan bahwa kita sedang tidur.

Sahabat pencinta anak, kebiasaan berbohong ini tentu sangat tidak baik untuk anak, sebab jika tidak diatasi maka akan menjadi kebiasaan yang jelek hingga dewasa.

Sahabat pencinta anak, jika anak berbohong untuk melindungi dirinya dan menutupi kesalahannya, maka kita sebagai orangtua harus waspada. Sebab alasan berbohong inilah yang paling berbahaya. Jika menjadi kebiasaan dan terus berlanjut maka akibatnya adalah anak akan menjadi pribadi yang tidak jujur dan tidak bisa dipercaya.

Cobalah berbicara secara baik-baik dengan anak, jangan pernah memojokkan anak dengan pertanyaan-pertanyaan yang menuduh. Lakukanlah pendekatan kepada anak dengan menggunakan bahasa hati, cari tahu alasan dan tujuan dia berbohong itu untuk apa. Jangan memberikan ancaman sebab jika dilakukan ancaman, maka jika ia berbohong ia tidak akan pernah mengaku, bahkan akan mengarang kebohongan yang lain.

Luangkanlah waktu bersama anak dan jangan posisikan diriki kita sebagai orangtua saja, namun posisikan diri kita sebagai sahabatnya. Dengan demikian akan timbul kedekatan dengan anak dan anak pun tidak akan sungkan untuk menceritakan segala permasalahannya.

Wassalamu'alaikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar