Kamis, 11 November 2010

Kertas Putih


Sahabat semua, anak-anak adalah masa yang paling menyenangkan. Mereka tidak merasa susah dan sebagainya, mereka hanya merasa senang dan ingin bermain. Tentu saja orangtua haruslah dapat memahami hal ini. Oleh sebab dunia anak adalah dunia bermain, maka kita sebagai orangtua harus masuk kedalam dunia mereka. Mengetahui dunia mereka, dan kemudian memberikan pengarahan, penjelasan dan dukungan.
Anak-anak tidak akan pernah mau tahu dan mengerti apakah saat tengah bermain mereka membahayakan diri mereka sendiri, atau oranglain? Mereka tidak memperdulikan hal tersebut, yang mereka tahu dan inginkan hanya bermain dan bersenang-senang.
Sahabat semua, peran orangtua dan keluarga dalam pendidikan anak sangat penting dan mutlak. Seorang anak sangat memerlukan dukungan yang baik dari orang-orang terdekatnya yaitu keluarga. Seorang anak yang menjadi tidak baik, nakal dan tidak penurut mungkin disebabkan oleh dukungan yang kurang dari keluarganya dan ketidak pahaman mereka terhadap apa yang menjadi keinginan anak.
Terlebih lagi anak-anak yang masih pra baligh, mereka sama sekali tidak mengetahui apa pun selain yang diberikan oleh orangtuanya. Memberikan pemahaman, dukungan kepada mereka akan sangat berpengaruh untuk tumbuh kembangnya. Tentu saja pemahaman yang baik haruslah selaras dengan contoh yang baik pula.
Jangan sampai terjadi, jika Anda melarang anak untuk berbuat sesuatu tapi Anda sendiri melakukannya. Anak adalah kertas putih kosong yang masih bersih dan bisa ditulisi apa saja dengan tinta warna apa saja. Jika Anda menulis dengan tinta hitam, maka ia akan menjadi hitam dan jika Anda menulisnya dengan tinta emas maka ia akan menjadi emas.
Itulah anak, usia Golden age dan pra baligh adalah masa yang paling menentukan dalam membentuk kepribadian dan tingkah lakunya. Ingin jadi seperti apa anak Anda ketika remaja dan dewasa, sangat tergantung dari pendidikan yang Anda berikan diusia tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar